Senin, 03 Desember 2012

Materi 9 kedua (Bab 14)* : Mengembang dan menentukan harga produk dan jasa



MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN
HARGA PRODUK DAN JASA
Pengembangan produk dan penawaran produk total
          Harga atau Nilai adalah kualitas bagus pada harga yang wajar. Saat konsumen menghitung nilai dari satu produk, mereka melihat manfaat-manfaatnya dan tahu menguranginya dengan biaya-biaya untuk melihat apakah manfaatnya melebihi biayanya.
          Penawaran produk total adalah segala hal yang dievaluasi konsumen saat memutuskan apakah ia akan membeli suatu barang atau yang disebut juga paket lini
Lini produk adalah sekelompok produk yang secara fisik mirip atau ditujukan untuk pasar yang serupa.
Bauran produk yaitu kombinasi dari seluruh lini produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan manufaktur.
Differensial produk adalah penciptaan perbedaan-perbedaan produk, baik yang nyata maupun yang dipersepsikan. Memasarkan kelas barang konsumsi dan jasa yang berbeda :
·                Barang dan jasa sehari-hari
·                Barang dan jasa perbelanjaan
·                Barang dan jasa khusus
·                Barang dan jasa tidak terduga

Pemasaran barang jasa dan industri
Barang industri adalah adalah produk-produk yang digunakan untuk membproduksi barang lainnya, disebut juga dengan barang B2B

Semakin pentingnya kemasan
·                Melindungi produk di dalamnya, mampu bertahan saat dipindahkan dan tidak mudah rusak
·                Menarik perhatian pembeli
·                Menjelaskan isinya dan memberi informasi mengenai isi
·                Menjelaskan manfaat dari produk dalam kemasan
·                Menyediakan informasi mengenai jaminan
·                Memberi indikasi harga

MEREK DAN EKUITAS MEREK
          Merk adalah sebuah nama symbol, atau desain yang mengindentifikasi barang dan jasa dari satu penjual dan membedakannya dari barang dan jasa pesaing. Merek dagang adalah sebuah merek yang telah diberi perlindungan hukun eksklusif, baik nama mereknya, maupun untuk rancangan gambarnya
         
Merk dagang adalah sebuah merk yang telah diberikan perlindungan hukum ekslusif baik untuk nama merknya maupun rancangan gambarnya.
         
1.              Kategori merk yaitu :
·                Nama merek produsen
·                Merek diler atau label privat
·                Barang generik
·                Merek palsu
2.              Menciptakan ekuitas dan kesetiaan merk
Ekuitas merek adalah kombinasi faktor-faktor seperti kesadaran, kesetiaan, anggapan kualitas citra dan emosi yang diasosiasikan dengan nama merek tertentu. Kesetiaan merek adalah tingkatan sampai dimana pelanggan merasa puas, meyakini  merek tersebut, dan berkomitmen untuk melakukan pembelian lagi. Kesadaran merek seberapa cepat atau mudah nama merek tertentu timbul dalam pikiran saat satu kategori produk disebutkan
3.              Menciptakan asosiasi merk
Asosiasi merek adalah pengaitan dari satu merek terhadap citra-citra yang menguntungkan.
4.              Manajemen merk
Manajer merek memiliki tanggung jawab langsung atas satu merek atau satu lini produk termasuk seluruh unsur bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.

Proses pengembangan produk baru
1.              Pengumpulan ide
2.              Seleksi produk
3.              Analisis produ
4.              Pengembangan
5.              Pengujian konsep
6.              Komersialisasi

Enam metode penetapan haraga
1.              Penetapan harga mark up
2.              Penetapan harga sasaran pengembalian
3.              Penetapan haga presepsi nilai
4.              Penetapan harga nilai
5.              Penetapan harga umum
6.              Penetapan haraga tipe lelang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar