Senin, 03 Desember 2012

materi 9 (bab 13)* Pemasaran: Membangun Hubungan Pelanggan

Apa itu PEMASARAN ???
pemasaran (marketing) yaitu proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual atau organisasional.

Evolusi Bidang Pemasaran melibatkan empat era : 

1. Era Produksi.
2. Era Penjualan.
3. Era Konsep Pemasaran.
  • Orientasi pelanggan
  • Orientasi jasa
  • Orientasi laba
4. Era hubungan Pelanggan,.


Bauran pemasaran adalah unsur-unsur yang menghasilkan program pemasaran seperti produk, harga, tempat dan promosi.
1.       Menetapkan proses pemasaran  empat P (4P) yaitu :
a.       Menemukan peluang
b.      Melakukan penelitian
c.       Mengidentifikasikan pasar sasaran
d.       Merancang sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan pada penelitian.
e.      Melakukan pengujian produk
f.        Menetukan nama merek, merancang kemasan, dan menentukan harga
g.       memilih sistem distribusi
h.      Merancang program promosional
i.         Membangun hubungan dengan pelanggan

2.       Merancang produk untuk memenuhi kebutuhan
-          Produk yang berarti barang fisik, jasa atau ide yang memuaskan keinginan atau kebutuhan plus apapun yang akan meningkatkan produk dimata konsumen seperti merk.
-          Uji pemasaran adalah proses pengujian produk antara pengguna potensial
-          Nama merk adalah kata, hurf atau kelompok kata / huruf yang memebedakan barang dan jasa milik pesaing
3.       Menentukan harga yang sesuai
4.       Membawa produk ke tempat yang tepat
5.       Mengembangkan strategi promosi yang efektif
-          Promosi adalah semua tehnik yang dipakai para penjual untuk memotivasiorang-orang membeli produk atau jasa mereka.

6.       Memberi pemasar informasi
-          Penelitian pemasaran adalah analisis pasar untuk menentukan peluang dan tantangan dan untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang baik.
7.       Proses penelitian pemasaran
Terdapat beberapa proses penelitian yaitu:
-          Mendefinisika pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini.
-          Mengumpulkan data
-          Menganalisis data penelitian
-          Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya
8.       Lingkungan pemasaran
-          Pemindai lingkungan adalah proses pengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemasaran
-          Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu :
* faktor Global
* faktor Teknologi
* faktor Sosiokultural
* faktor Kompetentif
* faktor Ekonomi

Pasar Konsumen
Pasar konsumen adalah semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi.  Terbagiatas 2 segmentasi yaitu:
a.       Segmentasi pasar adalah proses pembagian total pasar menjadi kelompok-kelompok yang anggotanya memiliki karakteristik yang sama. Terbagi atas:
o   Segmentasi demografis
o   Segmentasi geografis
o   Segmentasi psikografis
o   Segmentasi manfaat
o   Segmentasi volume atau penggunaan
b.      Pemasaran target adalah pemasaran yang ditunjukan pada kelompok-kelompok (segmen-segmen pasar ) yang diputuskan oleh organisasi dapat dilayani dengan menguntungkan.

Pasar Bisnis ke Bisnis
Pasar  B2B meliputi Pemanufaktur: Perintel; Intitusi (rumah sakit, sekolah, dan amal) dan pemerintah. karena pasar B2B lebih besar dari Pasar Konsumen karena barang-barang sering dijual dan dijual lagi beberapa kali proses B2B sebelum barang sampai ke konsumen akhir.

Beberapa faktor menjadikan pemasaran B2B berbeda :

  • Jumlah pelanggan dalam pasar B2B relatif sedikit.
  • Ukuran pelanggan bisnis relatif besar.
  • Pasar B2B cenderung terkonsentrasi secara geografis.
  • Pembeli bisnis pada umumnya dianggap lebih rasional.
  • Penjual B2B cenderung bersifat langsung.
  • Ada jauh lebih banyak penekanan pada penjualan pribadi di pasar B2B daripada pasar konsumen.
 Dua pasar yang berbeda : konsumen dan Bisnis ke Bisnis (B2B)
-          Pasar konsumen adalah semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi.
-          Pasar Bisnis ke Bisnis adalah semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untukmenggunakan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau untuk penjualan, penyewaan, atau pemasokan barang kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar