Rabu, 05 Desember 2012

Materi 11 Bab 16 : Menggunakan Teknik-teknik Promosi


MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI YANG EFEKTIF


PROMOSI DAN BAURAN PROMOSI
Promosi (promotion) adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingakan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran.
Bauran promosi (promotion mix) adalah  Kombinasi alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi.
Komunikasi pemasaran terpadu(integrated marketing communication) adalah satu tehnik yang mengombinasikan semua alat promosi menjadi satu strategi promosi yang menyeluruh dan terpadu. Adapun langkah-langkah dalam sebuah kampanye promosi:
1. Mengidentifikasi pasar sasaran.
2. Menentukan tujuan-tujuan untuk setiap unsur dari bauran promosi.
3. Menentukan satu anggaran promosi.
4. Mengembangkan satu pesan terpadu.
5. Mengimplementasikan rencana.
6. Evaluasi efektivitas.

IKLAN: PERTEMPURAN UNTUK MENJAGA MINAT KONSUMEN

Iklan (advertising) adalah komunikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi-organisasi dan individu-individu yang dengan satu cara teridentifikasi dalam pesan. 
Penetapan produk (product placement) adalah memeasukkan produk-produk dalam acara TV dan film yang produk-produk tersebut akan dilihat.
Berbagai jenis iklan yang digunakan oleh berbagai organisasi untuk menjangkau sasaran pasar yang berbeda. Kategori-kategori utamanya antara lain:
·         Iklan ritel.
·         Iklan perdagangan.
·         Iklan bisnis ke bisnis.
·         Iklan institusi.
·         Iklan produk.
·         Iklan advokasi.
·         Iklan komparatif.
·         Iklan interaktif.
·         Iklan online.

1.      Meningkatnya Penggunaan Infomersial
Bentuk iklan yang sedang tumbuh adalah infomersial. Infomersial(infomercial) adalah acara TV siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang atau jasa.
2.      Pemasangan iklan berpindah ke internet
3.      Iklan global

PENJUALAN PRIBADI: MEMBERIKAN ATENSI PERSONAL
Penjualan pribadi (personal selling) adalah presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka. Langkah-langkah dalam Proses Penjulan
ͽ         Prospek dan kualifikasi (prospect and quality).
ͽ         Pra-pendekatan.
ͽ         Pendekatan.
ͽ         Melakukan presentasi.
ͽ         Menjawab keberatan.
ͽ         Menutup penjualan.
ͽ         Tindak lanjut (follow up).

HUBUNGAN MASYARAKAT: MEMBANGUN HUBUNGAN
Hubungan masyarakat (humas) (public relations) didefinisikan sebagai fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur untuk merespons permintaan masyarakat, dan melaksanakan sebuah program yang terdiri atas tindakan dan informasi untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan masyarakat. Dengan kata lain, sebuah program hubungan masyarakat yang baik terdiri atas tiga langkah:
ͽ         Mendengarkan masyarakat.
ͽ         Mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur.
ͽ         Menginformasikan kepada masyarakat bahwa anda merespon 

PROMOSI PENJUALAN : MENDAPATKAN PENAWARAN YANG BAIK
          Promosi penjualan (sales promotion) adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek. Terdapat berbagai cara promosi penjualan :
a.       Sampling
b.      Word to mouth
c.       Viral marketing/swag
d.      Blogging
e.       Podcasting

STRATEGI-STRATEGI PROMOSI
Terdapat dua cara untuk memfasilitasi pegerakan produk dari produsen ke konsumen yaitu :
a.       Push strategy adalah strategy promosi oleh  produsen yang menggunakan iklan, penjualan personal, promosi penjualan, dan semua alat promosi lainnya untuk meyakinkan perantara grosir dan peritel untuk menyimpan persediaan dan menjual barang.
b.      Pull strategy adalah strategi promosi diman usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran ditujukan kepada konsumen, sehingga mereka akan meminta produk dari peritel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar